Monday, December 25, 2017

Apakah Rubella Itu Menular? Hindari 3 Poin Ini Agar Anda Tidak Tertular!



Rubella atau campak Jerman merupakan infeksi virus yang ditandai dengan ruam merah pada kulit. Campak Rubella pada umumnya banyak menyerang pada anak-anak dan remaja. Menurut data WHO, pada tahun 2016 di Indonesia sendiri terdapat lebih dari 800 kasus rubella yang sudah terkonfirmasi melalui pemeriksaan laboratorium.

Penyakit ini umumnya membutuhkan waktu sekitar 14-21 hari sejak terjadi pajanan sampai menimbulkan gejala. Gejala-gejala umum rubella meliputi:

1. Demam.
2. Sakit kepala.
3. Hidung tersumbat atau pilek.
4. Tidak nafsu makan.
5. Mata merah.
6. Pembengkakan kelenjar limfa pada telinga dan leher.
7. Ruam berbentuk bintik-bintik kemerahan yang awalnya muncul di wajah lalu menyebar ke badan, tangan, dan kaki. Ruam ini umumnya berlangsung selama 1-3 hari.
8. Nyeri pada sendi, terutama pada penderita remaja wanita.
9. Begitu terinfeksi, virus akan menyebar ke seluruh tubuh dalam waktu 5 hari hingga 1 minggu. Potensi tertinggi penderita untuk menularkan rubella biasanya pada hari pertama sampai hari ke-5 setelah ruam muncul.

Bagaimana pencegahan Campak Rubella agar tidak tertular, meliputi:

1. Hindari kontak dengan penderita sebisa mungkin, khususnya untuk ibu hamil yang belum menerima vaksin MR atau MMR dan orang dengan sistem kekebalan tubuh lemah.
2. Pindahkan penderita ke ruangan terpisah yang jauh dari anggota keluarga.
3. Menjaga kebersihan diri, misalnya selalu mencuci tangan sebelum makan, setelah bepergian, atau jika terjadi kontak dengan penderita.


Semoga Bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

div style='clear: both;'/>